Mengabdi dan Berkarya untuk Rakyat

Jumat, 13 Agustus 2010

Sambut Ramadan Jamil ke Makam Penyiar Islam

Bulan Ramadan sudah di depan mata, berbagai persiapan dilakukan umat Muslim dengan melakukan ziarah ke makam-makan keluarga. Tak terkecuali Jamil Zeb Tumori. Anggota DPRD Kota Sibolga itu melakukan ziarah ke makam tokoh-tokoh penyiar Islam, yakni Makam Mahligai dan makam Papan Tinggi di Barus, Tapanuli Tengah. 

Jamil Zeb Tumori, didampingi istri Lisma Jamil br Hasibuan, Minggu (1/8), mengatakan, urusan dunia dan politik sudah dilakukan, dan saatnya untuk berziarah ke makam-makam penyiar Islam. 
 Di sana, Jamil mengaku ditemani juru kunci  Zurlang. Selain ziarah, ia mencari tahu sejarah makam dan perkembangan masuknya Islam di Barus. Selain Jamil, di lokasi makam Mahligai terdapat ratusan batu nisan yang sudah berusia ratusan tahun. Ia sendiri kagum melihat keajaiban serta cerita juru kunci yang piawai memberikan keterangan tentang keberadaan makam tersebut. "Di makam itu, saya sempatkan berdoa," aku Jamil. 

Selanjutnya, Jamil dan rombongan berkunjung ke makam penyiar Muslim lainnya di Papan Tinggi  Barus. Jamil memuji makam para penyiar Muslim di daerah itu. Ia menyebutkan, nisannya dari batu alam cantik, tinggi dan panjangnya makam di luar akal sehat. "Tapi menuju makam ini perlu perjuangan, karena lokasinya tinggi dan harus melalui 700 lebih anak tangga dan letaknya di atas gunung. Namun, keletihan kita akan pulih bila sudah berada di atas. Saya mengajak seluruh masyarakat, mari kita berkunjung ke makam penyiar Islam di Barus ini agar kita mengetahui sejarah dan mengetahui bahwa kita sesungguhnya milik Allah SWT dan suatu saat akan kembali kepadanya," ujar Jamil mengakhiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar