Mengabdi dan Berkarya untuk Rakyat

Sabtu, 19 Maret 2011

Jamil Zebtumori : Sibolga Rawan Bencana

Sabtu, 19 Maret 2011 SIBOLGA-METRO
Ketua Komisi III DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori mengatakan, Kota Sibolga sebagai daerah yang memiliki laut yang luas, berpotensi atau rawan bencana.
“Untuk itu, Kota Sibolga sangat berharap agar Basarnas RI segera merealisasikan kapal Sea Rescue 203 untuk dioperasionalkan di Sibolga,” kata Jamil, kepada METRO, Jumat (18/3). Dia mengatakan, ia bersama pimpinan DPRD Sibolga Tonny Agustinus Lumbantobing SE, dan anggota Komisi III yakni Pantas M Lumbantobing SSos, Muchtar S Nababan, Jimmy Hutajulu, Henry Tamba, Albar Sikumbang SH dan Kamil Gulo SPdI, sudah berkunjung ke kantor SAR pusat di Jakarta.
Dikatakan Jamil, mereka diterima Sekretaris Utama Badan SAR Nasional Max Rulan. Kepada Max Rulan, pihaknya menyerahkan rekomendasi Wali Kota dan Ketua DPRD Sibolga terkait pengadaan Kapal  Rescue Boat 203 seharga Rp16 miliar (bukan sebanyak 203 unit, red).
Dalam pertemuan itu, Jamil menjelaskan, Komisi III menjelaskan kondisi Kota Sibolga, yang memiliki letak sangat strategis, daerah perikanan yang banyak dipengaruhi musim.
Pihaknya juga menyampaikan, kehadiran armada laut seperti kapal penyelamat di Sibolga nantinya tidak hanya difungsikan untuk perairan Sibolga di Pantai Barat, tetapi juga dapat mengcover perairan di Nias, Mentawai, Tapsel, serta perbatasan Sumatera Barat dan Aceh. “Sebab selama ini, kita mengandalkan bantuan dari SAR I Medan yang operasi armada lautnya ditempatkan di pelabuhan Belawan. Sedangkan perjalanan dari Belawan ke Sibolga membutuhkan waktu lama, karena harus melewati perairan Aceh,” ulas Jamil lagi. (tob/dro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar