Mengabdi dan Berkarya untuk Rakyat

Rabu, 16 Februari 2011

Komisi III Kunker ke Depot Pertamina Sibolga
Jumat, 11 Pebruari 2011
SIBOLGA-METRO; Komisi III DPRD Kota Sibolga, Rabu (9/2) pagi kemarin melakukan kunjungan kerja ke Pertamina Depot Sibolga yang beralamat di jalan Janggi No. 17 kelurahan Pasar Belakang, kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga.
Ketua Komisi III Jamil Zeb Tumori didampingi Sekretarisnya Pantas Maruba Lumban Tobing SSos bersama Henry Tamba SE dan Kamil Gulo SPdI di sela-sela kunjungan mengatakan maksud kunjungan ini adalah dalam rangka memberikan pengetahuan mengenai operasi Depot Pertamina Sibolga.
“Apalagi Depot Pertamina Sibolga merupakan Depot yang melayani beberapa kabupaten/kota di wilayah kerjanya, khususnya kawasan Tapanuli. Selain itu, kita ingin mengetahui apakah pasokan minyak sudah mencukupi untuk wilayah tersebut di atas,” kata Pantas M Lumban Tobing SSos Sekretaris Komisi II DPRD Sibolga di sela-sela kunjungan ke Depot Pertamina Sibolga.
Purwanta, Kepala Depot Pertamina Kota Sibolga didampingi stafnya M Iqmal kepada Komisi III DPRD Kota Sibolga menjelaskan bahwa operasi Depot Pertamina Sibolga selama ini berjalan cukup baik dan hampir tidak ada masalah. “Kapal tangker pembawa BBM berkapasitas 7000 KL terdiri dari 3 produk dan pendistribusiannya mencukupi sesuai kuota kabupaten dan kota masing-masing,” terangnya.
Terkait pengisian minyak dari kapal tanker setelah bersandar di laut Sibolga ke sejumlah tangki, sambung Purwanta, PT Pertamina menggunakan pipa berdiameter 8 inchi sepanjang 870 meter yang dilapis dengan semen khusus anti air laut ditambah dengan anti karat. “BBM disalurkan dari kapal tanker dari dasar laut dan dapat mengisi sebanyak 350 ton atau 35.000 liter per jam,” ungkapnya.
Dalam memenuhi kebutuhan Kota Sibolga, Tapteng, Taput, Madina, Tobasa, Tapsel, Humbahas yang dilayani Depot Pertamina Sibolga, sambungnya, membutuhkan sebanyak 1700 ton premium, 1600 ton Solar dan 2000 ton minyak tanah yang didatangkan paling sedikitnya 1 kali dalam lima hari. “Itu jumlah rata-rata BBM yang dibutuhkan daerah tersebut yang dilayani oleh Depot Pertamina Sibolga dan hal itu sesuai dengan kuota kabupaten dan kota masing-masing,” tukasnya.
Menurut Purwanta, stok minyak baik itu premium, solar dan minyak tanah untuk disuplay kepada masyarakat selama ini dapat berjalan dengan baik dan masih mencukupi. “Contohnya stok minyak tanah di depot Sibolga untuk konsumsi Tapanuli Tengah dan sekitarnya mencapai 6.042 Kiloliter yang cukup untuk konsumsi 23,9 hari,” tandasnya seraya menambahkan PT Pertamina Persero senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam mendistribusikan BBM. (tob)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar