Mengabdi dan Berkarya untuk Rakyat

Rabu, 16 Februari 2011

Go to PT AR Martabe "tambang Emas Batang Toru".

Desember, Emas Batangtoru Dieksploitasi
Sabtu, 12 Pebruari 2011
SIBOLGA-METRO; Pada Desember tahun ini, PT AR Martabe, direncanakan sudah dapat mengekspolitasi emas di Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan. Saat ini, pihak perusahaan yang berkantor pusat di Hongkong itu masih konsentrasi untuk mendirikan pabrik.

Hal itu diungkapkan perwakilan PT AR Martabe M Novan, saat menerima kunjungan Anggota Komisi III DPRD Sibolga, pimpinan SKPD dan BUMN di Kota Sibolga, Kamis (10/2). Dia mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan sejumlah anggota Komisi III DPRD Sibolga, pimpinan SKPD dan BUMN di Sibolga.
Novan menyebutkan, untuk bahan-bahan pendirian pabrik hingga saat ini pihaknya masih menggunakan jalur Sibolga. Dikatakan Novan, jarak tempuh dari Sibolga hingga lokasi penambangan emas di Batangtoru sejauh 57 kilometer (km). “Kita sendiri sebenarnya sudah mempersiapkan jalur alternatif. Namun dengan kedatangan para anggota Komisi III DPRD Sibolga, pimpinan SKPD dan BUMN di Sibolga ini merupakan reaksi positif bagi perusahaan. Apa yang menjadi pokok-pokok pikiran dan harapan yang telah disampaikan akan menjadi pertimbangan nantinya dan tentunya kita punya cita-cita yang sama,” tandas Novan.
Ketua Komisi III DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori dalam pertemuan itu menyebutkan, kedatangan mereka adalah untuk kembali mempublikasikan pelabuhan Sibolga dan menindaklanjuti rencana ke depan terkait kerja sama PT AR Martabe dan PT Pelindo I Sibolga.
Dia mengatakan, dengan kerja sama tersebut diharapkan dapat memajukan atau menghidupkan potensi-potensi sektor lain di Sibolga, seperti perluasan pelabuhan dan menghidupkan sektor perdagangan dan membuka tenaga kerja bagi masyarakat Sibolga.
“Kami hanya punya mimpi kecil, kejayaan Pelabuhan Sibolga dapat dikembalikan lagi dan PT AR Martabe akan menjadi mitra dalam memajukan wilayah Sibolga. Meskipun letak operasionalnya di Batangtoru, namun akses kegiatan juga dirasakan di wilayah Sibolga,” kata Jamil.
Wakil Ketua Komisi III Albar Sikumbang SH pada kesempatan itu mengatakan, kunjungan sekaligus momen silaturahmi itu diharapkan benar-benar diperhatikan dan jangan azas manfaat saja. Namun ia berharap dapat berkesinambungan dan bermanfaat.
“Tenaga buruh yang dipekerjakan di perusahaan ini dapat juga direkrut dari Sibolga. Dengan kata lain PT AR Martabe dapat mengkaryakan dan memperkerjakan warga Sibolga namun harus sesuai dengan keahlian yang dimiliki masing-masing,” tandasnya.
Ketua Kadin Sibolga Nurdin mengatakan, selaku pengusaha pihaknya siap mendukung dan memberikan manfaat serta siap bekerja sama dengan pihak yang berkompeten.
“Dukungan DPRD dan Pemko Sibolga selama ini terhadap pendistribusian peralatan melalui wilayah Sibolga merupakan komitmen kami. Di mana kami ingin menjalin komunikasi dengan pihak perusahaan dan kita berharap ada komitmen dari PT AR Martabe agar menjadikan Sibolga sebagai prioritas utama dalam mengakses kegiatan ketika sudah berproduksi,” imbuhnya.
Sarmadan Siregar, mewakili PT Pelindo I Sibolga, menyakinkan keberadaan lokasi pelabuhan Samudera Sibolga cukup strategis dan punya potensi yang luar biasa dengan panjang dermaga 103 meter dan punya sarana pendukung. “Jadi kita menawarkan potensi Pelabuhan Sibolga agar dapat dimanfaatkan PT AR Martabe dalam mengakses kegiatannya melalui jalur laut,” ujarnya. (tob)

2 komentar: